Scroll untuk baca artikel
Uncategorized

Juri dan Tim Kreatif Kemenparekraf Tiba di Desa Wisata Soinrat

334
×

Juri dan Tim Kreatif Kemenparekraf Tiba di Desa Wisata Soinrat

Sebarkan artikel ini

Lensa Mata MALRA || Sebanyak dua orang juri dan tim kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia tiba di Desa Wisata Soinrat Senin, (19/6/2023).

Rombongan tiba sekitar pukul 17:50 WIT dan disambut meriah oleh Kepala Soa Ohoi Soinrat bersama ratusan masyarakat Ngur Woma El’sedat Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku, Indonesia.

Setibanya di Desa, rombongan juri dan tim diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengalungan saloi dan topi oleh Kepala Desa Sosimus Fatubun, S.Pd bersama Ketua PKK Ohoi Soinrat Ny. Tia Fatubun kepada kedua dewan juri, disusul pengalungan bunga oleh seluruh lembaga adat (Seniri) kepada seluruh rombongan tim kreatif.

Baca Juga :  HUT Lalu Lintas ke 68, Satlantas Polres Pesisir Barat Gelar Baksos

Keadaan makin harmonis dengan lantunan nyanyian ‘selamat datang’ disertai bunyi Tifa dan Gong mengiringi tarian “Yerik” yang diperagakan oleh putri-putri cilik Sekolah Dasar Nasional Katolik (SD Naskat) Soinrat sebagai tarian penghormatan terhadap tamu/pengunjung.

Adapun tarian belan “Yar Yaruk” yang diperankan oleh kelompok pemuda Ohoi Soinrat untuk mengantarkan rombongan menuju ke pusat kampung.

Memasuki pintu masuk “Vid Evken” seluruh tamu diperhadapkan dengan “ringin.” Ritual “Ringin” sendiri merupakan pengurapan dengan air kelapa hijau tepat di dahi juri dan tim (sebagai pendatang baru) sebelum memasuki pusat kampung.
Ritual ini dimaksudkan sebagai pertanda bahwa leluhur setempat telah merestui mereka untuk berdiam di desa tersebut.

Baca Juga :  Capaian PUTR : Tiga Tahun Pimpin OKU Timur Enos Berhasil Bangun Jalan Sepanjang 736,73 Kilometer

Sebagai pendatang baru di Desa, rombongan juri dan tim kreatif selanjutnya diantar memasuki Rumah Adat “Rahan Nganuyaan” untuk mengikuti ritual adat.

Di rumah adat inilah kedua tim juri yakni Prof. Azril Azahari dan Ny. Putu Ayu Anggreni dikukuhkan sebagai anak adat Ohoi Soinrat dengan sebutan “Taber hil” Mituduan dan “Tee damas” Fatubun. Mereka dikukuhkan oleh Ketua Dewan adat Ohoi Soinrat, Vinsen Mituduan.

Rombongan juga dibersihkan dengan mata air “Wear Damatan” yang merupakan pertanda bahwa leluhur senantiasa menyertai serta menjamin keselamatan mereka selama berada di Desa tersebut.

Setelah beristirahat menikmati sarapan sore, selanjutnya rombongan mengikuti paparan gambaran umum tentang Ohoi Soinrat dan Karakteristik Destinasi Wisata di Desa Wisata Soinrat yang disampaikan oleh Kepala Desa Sosimus Fatubun (Ayah Sosi) bersama dengan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ohoi Soinrat Agriphina Sangur (Kaka Phina).

Baca Juga :  Dinas P3A KB Pesisir Barat Raih 2 Penghargaan

Acara diakhiri dengan santap kasih dan makan malam bersama seluruh tamu undangan dan masyarakat bertempat di rumah Kepala Soa Ohoi Soinrat.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Maluku Tenggara Budi Toffi, Anggota Polsek Kei Besar, Perwakilan SMK Pariwisata Maluku Tenggara Adolof Lasol, Putri Pariwisata Maluku Tenggara tahun 2023 Nuraeni Ingratubun dan Nadia Virtanty Paisal, Tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh warga masyarakat Ohoi Soinrat.(LM/Daniel Mituduan)

Uncategorized

Lensa Mata Deli Serdang || Muѕуаwаrаh Dаеrаh (Muѕdа) Muslimat Al Wаѕhlіуаh Kаbuраtеn Dеlі Serdang di Gеdung PKK Dеlі Serdang, Lubuk Pakam, Sаbtu (23/9/2023), mеruраkаn momentum untuk ѕеmаkіn menggairahkan dаn mеnghіduрkаn…