Scroll untuk baca artikel
Uncategorized

Pemkab DS & USAID MPHD Kolaborasi Tekan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir

384
×

Pemkab DS & USAID MPHD Kolaborasi Tekan Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir

Sebarkan artikel ini

Lensa Mata Deli Serdang

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menerima kunjungan Tim United States Agency for International Development, Momentum Private Health Care Delivery (USAID MPHD) di Ruang Rapat, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (3/4/2023).

Senior Program Manager USAID Momentum, dr Apsari Diana Kusumastuti MARS, menyampaikan pihaknya ingin meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang serta melaporkan progres pelaksanaan MPHD di Deli Serdang.

MPHD Indonesia adalah sebuah proyek kerjasama USAID dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah dilakukan selama lima tahun (2020-2025). Di Sumatera Utara, program USAID MPHD melaksanakan kegiatannya di empat kabupaten, yaitu Deli Serdang, Asahan, Langkat, dan Karo.

Baca Juga :  Aliansi Buruh Gelar Unjuk Rasa Minta Kenaikan Upah, Plt Bupati Deli Serdang Sampaikan Ini

“Program ini bertujuan untuk menurunkan kematian ibu dan bayi baru lahir yang dapat dicegah di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta dengan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di enam provinsi yang memiliki angka kematian ibu dan bayi baru lahir yang tinggi di Indonesia, khususnya Sumatera Utara,” katanya.

Di Deli Serdang, jelasnya, USAID MPHD berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan memfasilitasi pertemuan kelompok kerja (Pokja) Multisektor untuk percepatan penurunan jumlah kematian ibu dan anak.

“Sebagai salah satu penyumbang jumlah kematian ibu melahirkan dan serta bayi baru lahir, maka dukungan semua stakeholder di Kabupaten Deli Serdang sangat penting untuk mengintervensi agar menekan jumlah kematian itu,” harapnya.

Baca Juga :  Musda ke 3 PD Muhammadiyah dan Aisyiyah Pringsewu Selesai, Ini Hasilnya

Sementara itu, Wabup memberi apresiasi Tim USAID MPHD di Kabupaten Deli Serdang, atas upaya bersama dalam menekan angka kematian ibu dan bayi, khususnya di Deli Serdang.

“Untuk menyahuti hal itu , Pemkab Deli Serdang akan memanggil semua stakeholder untuk berkoordinasi, berdiskusi tentang upaya yang harus dilakukan dan nantinya sesegera mungkin dilaksanakan agar dapat mengintervensi penurunan angka kematian ibu dan anak tersebut,” tegas Wabup.

Hadir pula pada pertemuan itu, Mentor MPHD Deli Serdang, dr David Luther Lubis, SpOG (K) dan dr Juliana SpA; perwakilan Dinas Kesehatan Sumatera Utara, dr Nico Sitompul; MEL Specialist, OK Syahputra Harianda; District Coordinator Deli Sedang, Syafrimet Azis.

Baca Juga :  Pemkab Deli Serdang Gelar Pengajian dan Zikir Akbar Refleksi Akhir Tahun 2023

Mendampingi Wabup, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat yang juga Pelaksanaan Tugas (Plt) Dinas kesalahan Deli Serdang, Drs Citra Effendi Capah MSP; Direktur Rumah Sakit Drs H Amri Tambunan, dr Hanip Fahri MM Mked (KJ) Sp.KJ; Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (P3A P2KB) Deli Serdang, Adela Sari Lubis Str Keb; Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr Ni Putu Yurizka dan lainnya.(MS)

Uncategorized

Lensa Mata Deli Serdang || Muѕуаwаrаh Dаеrаh (Muѕdа) Muslimat Al Wаѕhlіуаh Kаbuраtеn Dеlі Serdang di Gеdung PKK Dеlі Serdang, Lubuk Pakam, Sаbtu (23/9/2023), mеruраkаn momentum untuk ѕеmаkіn menggairahkan dаn mеnghіduрkаn…